Rabu, 20 Agustus 2014

LAMONGAN CITY

J
LAMONGAN, merupakan suatu kota yang berada di jawa timur dengan ibu kota surabaya. di kota lamongan banyak sekali budaya-budaya indonesia yang sudah ada sejak dulu dan sampi sekarang pun budaya itu masih berkembang.








contohnya seperti soto lamongan. soto ini merupakan makanan khas lamongan yang sudah banyak di kenal orang mulai dari sabang sampai merauke, sampai-sampai di luar negeri pun juga ada makanan soto lamongan. Meman soto ini masih seperti soto biasa tapi cita rasanya yang lezat, bumbu-bumbu yang komplit yang membuat soto ini berbeda dengan soto-soto yang lain.






bukan hanya itu saja lamongan juga mempunyai makanan khas lainnya salah satunya adalah nasi boran, biasa di sebut sama orang yang asli jawa tulen yaitu ( sego boran ).  nasi boran merupakan nasi yang berasal dari lamongan. kenapa di sebut nasi boran?? di sebut nasi boran karena nasi itu di taruh di dalam wadah yang terbuat dari bambu anyaman. makanan itu berisi nasi, lauk pau dan krengsengan. nasi boran sendiri biasanya di nikmati oleh orang-orang saat malam hari, soalnya suasanya sangat nyaman dan enak. biasanya di jual di pinggir jalan dekat dengan alun-alun lamongan. tidak hanya itu,
dari nasi boran itulah muncul juga di kota lamongan yaitu mempunyai sebuah tari yang di namakna tari boran. tari ini berasal dari lamongan. di sebut tari boran karena tarian itu menggunakan wadah yang bernama boran. tarian ini biasanya di iringi oleh musik gamelan atau gong. tarian ini juga biasanya di pertunjukkkan saat menyambut orang-orang besar seperti penyambutan gubernur jawa timur, bapak bupati lamongan dll. bukan hanya itu, acara ini juga di sewa oleh banyak orang dan di pertunjukkan saat orang itu mempunyai hajat seperti: kawinan, khitan, dll.



selain itu di lamongan sendiri memiliki wisata yang tidak kalah menarik dengan Dufan, Taman Mini Indonesia. nama wisatanya biasa di sebut dengan WBL yang artinya ( Wisata Bahari Lamongan) yang ada di daerah kecamatan paciran, kabupaten lamongan, jawa timur. WBL ini juga biasa de sebut dengan Jatim Park 2. wisata ini merupakan yang sangat menarik, karena di dalamnya memiliki banyak sekali permainan, pemandangan laut yang indah dll. wisata ini banyak di kunjungi orang karena harganya yang tidak begitu mahal yaitu kurang dari Rp: 100.000,00. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar